Wednesday, February 1, 2012

English Muffin

Muffin yang satu ini beda dengan muffin yang biasanya dicetak diatas papercase... Konon English muffin ini merupakan makanan para budak/pembantu di Inggris, biasanya para pembantu ini tinggalnya di basement si majikan dan punya dapur sendiri...beda dengan dapur majikannya...nah entah bagaimana si majikan tertarik dengan makanan si budak, akhirnya dibawalah derajat English Muffin ini ke golongan atas...wow fantastik ternyata pada doyan. Dari banyak resep yang saya telusuri ada dua tipe English Muffin:
  1. Tipe Adonan Bread/Sourdough...bikinnya seperti bikin roti manis yang biasa dijual di bakery, cuman resepnya gak pake bread improver, so pasti hasilnya lebih padat tapi tekstur bagian dalamnya mirip roti bakery dan cirinya ada rongga-rongga seperti sarang tawon. Biasanya resep ini perbandingan antara bahan kering : bahan basah = 60:40
  2. Tipe Adonan Bubur...kalau yang sudah pernah bikin kue apem...nah pasti jago dah bikin English Muffin...adonannya kental dan bisa dituang. Bedanya kalau bikin apem pake santan, kalau ini pake susu. Perbandingan antara bahan basah: bahan kering = 60:40, tentunya hasilnya jelas akan jauh lebih berpori daripada tipe 1...dan supaya nampak tinggi alias tidak melebar maka biasanya digunakan cookie cutter bentuk round/metal ring seperti ini


Kalau dilihat dari tekstur luarnya agak keras, bisa diketok-ketok dimeja, mirip ama roti sourdough seperti cibatta,
Tapi untuk kali ini saya membuatnya menggunakan resep bread type English Muffin, ngolahnya lebih mudah gak pake metal ring dan gak pake belepotan, resep base doughnya saya ambil dari sini, tapi saya sertakan juga di blog saya beserta tipsnya ... tapi saya hanya pakai separuh resep aja...

Cheapest English Muffin (without butter, egg, little milk)

(bisa jadi 14-16 muffin, diameter 8-10 cm)

Bahan:
2 1/2 sdt ragi instan
1/2 sdt gula pasir
250 ml air
125 ml susu cair
350 g tepung terigu protein tinggi
100 g tepung terigu protein sedang
1 sdt garam
Dusting/bedaknya: tepung jagung halus(cornmeal)

Cara buatnya:

  1. Campur ragi dan gula dalam mangkuk bersisi sebagian dari air. Aduk dan sisihkan selama beberapa menit, lalu tambahkan sisa air dan susu. 
  2. Masukkan tepung dan garam di mangkuk besar, gunakan tangan untuk mencampur adonan ragi ke dalam adonan tepung ini. Uleni hingga tercampur rata dan tidak lengket ditangan 
  3. Tutup mangkuk dengan plastik rapat, biarkan mengembang hingga lebih dari dua kali lipat. Meksipun proses ini hanya memakan waktu beberapa jam, adonan juga bisa disisihkan selama semalaman. 
  4. Tarik sisi adonan untuk 'membuang gas' atau meratakan adonan kembali. Lalu keluarkan dari mangkuk dan bagi 8 bagian. Bentuk bulat pipih dengan tebal 3-4 cm, menyerupai disc tebal. 
  5. Letakkan setiap bulatan ke atas nampan yang sudah ditaburi cornmeal, gulingkan hingga betul-betul terlapisi. 
  6. Tutup rapat dengan plastik, lakukan proses proofing Biarkan selama 30 menit (saya coba diamkan 1 malam, juga tidak apa-apa, tapi diamkannya di suhu ruang). 
  7. Panaskan wajan iron-cast griddle atau kalau menurut istilah saya wajan berat, kalau gak ada bisa pake wajan biasa, jangan lupa wajan diolesi minyak tipis saja pake kuas, apinya kecil saja, jangan besar-besar ntar gosong. Jangan lupa kalau pake wajan, ditutup atasnya, supaya panasnya merata ke bagian rotinya. Nah kalau bikin pake adonan kental, harus diberi metal ring, biar adonan gak melebar ke samping. 
  8. Masak hingga matang sekitar 5-10 menit hingga kecoklatan, lalu balikkan dan masak dengan rentang waktu yang serupa. Kalau muffin kecil-kecil diameternya, waktunya butuh lebih singkat daripada yang segede burger. 
  9. Ketika matang, jangan langsung dipotong atau disantap, muffins didiamkan dulu sampai dingin sambil menunggu yang lain matang. 
  10. Cara memakannya bisa dengan menarik sisi roti seperti roti sobek, bagian dalamnya olesi dengan butter, toasted lagi diatas wajan sebentar aja atau pake electric toaster. 
  11. Beri topping pizza sauce/mayonaise/mustard dengan ditambah sayuran segar tomat/selada dan bacon/sausage. Atau bisa coba pilihan manis selai strawberry/madu/susu kental manis. 


PROOFING+CORN MEAL

BARBEQUE





CHEAPEST ENGLISH MUFFIN 
(BREAD TYPE)


Kalau lihat dimana-mana, resep topping paling enak pake topping pizza/selai...tapi kali ini saya mau bikin agak beda yaitu pake Hollandaise Sauce with Egg Benedict.

Egg Benedict
Bahan:
16 telur utuh
Metal ring/cookie cutter
Garam
Pepper
Pan
Air untuk memasak telur kurleb 1/2 pan

Cara:

  1. Panaskan air, masukkan garam dan merica sedikit (sesuaikan dengan jumlah telur), tunggu sampai mendidih 
  2. Celupkan metal ring ke dalam air 
  3. Pecahkan telur kedalam metal ring, pecahin-nya pelan-pelan yang, jangan sampai kuning telurnya rusak 
  4. Tunggu kurleb 5-10 menit, sampai putih telurnya mulai masak, kalau mau yang kuningnya agak setengah matang, angkat aja setelah 5-6 menit, kalau mau masak banget bisa dimasak sampai 10 menit atau lebih. 
  5. Matikan kompor, angkat ring metal dari loyang, serok atau ambil pakai sutil telurnya, pelan-pelan supaya tidak rusak. 
  6. Tiriskan sampai air yang melekat benar-benar bersih dari permukaan telur, bila mau lebih cepat bisa di lap pakai tissue/papaer towel tanpa serat. Sisihkan telur keatas piring. 


Bacon/Sausage Topping
Bahan:
Bacon/Ham/Sausage/Salmon Fillet/Chicken Fillet
Mushroom/Jamur kaleng
Bawang bombai iris tipis
Pan
Butter/Cooking Oil

Cara Buat:
  1. Siapkan Pan, beri sedikit butter/cooking oil. 
  2. Masukkan Bacon/Ham/Sausage, Mushroom, bawang bombai iris tipis, kalau dagingnya agak tebal bisa disayat dulu, supaya si butter meresap kedalam daging 
  3. Kalau mau direbus bisa, saya merebusnya bersamaan ketika merebus Egg Benedict 
  4. Setelah daging selesai dipanasin, tiriskan, supaya minyak/airnya hilang. Bisa dengan bantuan paper towel tanpa serat. 

Vegetable Slice: Selada/Tomat/Bawang Bombai iris tipis

Pertama kali saya cicipin base English Muffin, kalau menurut lidah saya, paling enak kalau diisi topping asin, seperti pizza sauce with mazorella, beef, mushroom,paprika. Nah karena ini lazim dan paling gampang digunakan, maka saya memutuskan untuk membuat yang agak sedikit nyentrik menurut saya yaitu Hollandaise Sauce. Waktu baca resep, sambil bayanginnya, kok rasanya agak jijik gimana gitu....tetapi setelah dibikin...wow fantastic deh...saran saya, harus pedas, biar gak terlalu eneg. Hollandaise Sauce ini, patnernya Egg Benedict dan biasanya disajikan dengan asparagus steam...tapi karena di almari cuman ada bahan terbatas...yah asparagusnya diganti tomat

Untuk saucenya saya pakai resep disini tapi dimodifikasi sedikit kuantitinya, disesuaikan lidah orang indonesia...

Hollandaise Sauce

Bahan:
3 Kuning telur
150 g Butter (bisa digunakan sampai 200g)
1/4 sdt peres saus mustard
Sedikit saus Tabasco (sesuai selera suka pedas/tidak)
1/3 bagian jeruk lemon, diperas
Garam
Gula
Lada Hitam/Black Pepper
Au Bain Marie Pan

Cara Buatnya:
  1. Siapkan air panas untuk ABM/Au Bain Marie, tunggu sampai mendidih. 
  2. Kocok kuning telur di panci stainless (ntar bakal di ABM), tambahkan saus mustard, gula garam, lada hitam, tabasco...cicipin dikit 
  3. Taruh panci kuning telur keatas panci berisi air panas, tim, dan jangan sampai panci atas menyentuh air, aduk terus dengan whisk, sampai kental dan berpita, ingat ngaduknya harus cepat dan api kompor kecilkan, supaya kuning telurnya tidak sampai kering/gosong. 
  4. Dipanci lain lelehkan butter, tanpa diaduk, cukup dipanaskan sampai leleh. Ambil busa bagian atas, saring butter ke mangkuk, ntar dimangkuk yang baru ini si butter juga akan ngendap bawahnya, endapan ini jangan sampai masuk ke kuning telur, supaya hasilnya tekstur hollandaise sauce sempurna 
  5. Setelah kuning telur kental, angkat dari ABM, masukkan butter sedikit demi sedikit yang sudah disaring ke dalam adonan kuning telur (ingat jangan sampai endapan butter ikut masuk) sambil terus diaduk. Titik kritisnya di tahap ini, usahakan suhu butter sama dengan suhu kuning telur supaya tidak pecah hasilnya. (Saya sempat ulang 3x bikin...gara-gara suhunya tidak sama dan adonan menjadi pecah) 
  6. Setelah tercampur semua tambahkan perasan lemon, sambil diaduk dan dicicip, bisa tambahin garam/lada 
  7. Saus ini enaknya dinikmati dalam kondisi hangat, kalau sudah dingin, bisa dimasukin ke rice cooker atau di tim sebentar aja. 
  8. English Muffin dibelah menjadi dua, toasted bagian dalamnya, taruh Bacon/Sausage + mushroom + bombay, tumpukin dengan irisan tomat/selada, tumpukin lagi dengan Egg Benedict, kemudian siram dengan Hollandaise Sauce hangat 1 1/2 sdt. Segera disantap...
CHEAPEST ENGLISH MUFFIN WITH
EXPENSIVE TOPPING HOLLANDAISE SAUCE +
EGG BENEDICT + STEAM SAUSAGE + FRESH TOMATO

Kata my honey waktu cicipin ini, cuman 2 muffin aja sih yang kukasih ... katanya kalau dua yah kurang lhaaaa .... mesthi nambah .... wak wak wak ... ini makanan mahal,base muffinnya murah, tapi bahannya toppingnya mahal, plus kolesterol tinggi, harga obat kolesterol juga mahal ... jadi makannya juga jangan banyak-banyak lha sahutku...

1 comment: