Tuesday, February 21, 2012

Scone Recipe


Bosan dengan segala macam cake...ingin sesuatu yang baru...bisa coba resep Scone...cocok untuk sarapan pagi dan disajikan hangat...Tampilan luarnya kering tetapi crunchy...Berikut resep dan  tips trik membuat scone:
  • Pastikan bahan lemak dan susu/krim yang digunakan dingin (masukan ke freezer/kulkas semalam sebelum dibuat). Yang paling penting adalah butter harus dingin, sehingga ketika di oven akan leleh, dan bagian luar scone akan kriuk-kriuk dan membentuk lubang didalamnya (krn scone mengembang).
  • Bahan lemak yang telah dimasukkan freezer/kulkas semalaman + tepung dicampur dengan pastry cutter, sampai adonan berbentuk seperti remahan roti. Pada tahap ini jangan sampai butter overmix (butter menjadi sangat halus tercampur dengan tepung), adonan menjadi lengket, seharusnya bentuk adonan harus seperti remahan roti. Jangan berinteraksi dengan telapak tangan, telapak tangan menghantarkan panas dan membuat butter cepat meleleh. Kalau pingin mudah, masukkan butter kedalam freezer sampai beku, kemudian diparut dengan parutan keju dalam adonan tepung, aduk sampai butter terlumuri tepung.
  • Dinginkan adonan scone sebelum di oven sekitar 5-10 menit, cocok bagi udara yang lembab dan panas seperti di Indonesia. Adonan dingin + suhu oven yang tinggi membuat scone makin kriuk-kriuk.
  • Jangan overwork adonan, setelah cairan masuk ke adonan tepung+butter, jadi jangan tergoda untuk nguleni sampai kalis, ntar jadinya malah kenyal (tercipta banyak gluten), ingat kita mau bikin scone, bukan bikin roti. Jadi campur dengan cairan hanya sampai asal menyatu saja. 
  • Taburi meja dengan sedikit tepung, gepengkan adonan, potong sesuai selera, bentuk segitiga atau bulat dengan cookie cutter...
  • Adonan makin basah dan lengket malah makin bagus, ingat tidak seperti bikin cookies yah...
  • Tata scones diloyang saling berdekatan, supaya apabila kena panas oven maka scone naik keatas, bukan melebar ke samping, makin berdekatan maka makin naik
  • Suhu oven memang sengaja diatur panas sekitar 190-205 derajat celcius
  • Supaya lebih cantik olesi permukaan scone dengan susu cair+kuning telur
Bahan:
325 gram Tepung terigu sedang
2 1/2 sdt Baking Powder
1/2 sdt garam dapur
14 gram gula halus (jika pingin sedikit manis)
113 gram mentega asin
180 ml susu cair/whip cream
1 telur kocok ringan
Oles: 1 telur + 1 sdm susu

Cara kerja:
  1. Panaskan oven 205 derajat celcius, alasi dengan kertas roti
  2. Ayak Tepung + BP + Garam + Gula
  3. Masukkan mentega yang dipotong kotak-kotak, mix dengan pastry cutter/pisau, sampai adonan menjadi remah2 sperti remahan roti/strussel
  4. Kocok telur dan susu/krim, masukkan ke dalam adonan butter, aduk rata pakai spatula, sebentar saja, asal tercampur
  5. Bentuk menjadi lempeng, potong sesuai selera
  6. Atur dalam loyang, oles dengan telur + susu
  7. Panggang sampai matang 10-15 menit, permukaan kecoklatan, tes dengan tusuk sate/gigi, hidangkan selagi panas
Jadi 10 scone ukuran 5-6 cm

No comments:

Post a Comment